Tanya Jawab

Saya seorang wanita yang berusia 43 tahun sering mengeluhkan kesulitan untuk bernafas dan sulit beristirahat pada malam hari. Dokter memberi diagnose Asthma Bronkiale. Yang menjadi pertanyaan saya, bagaimana peranan Tahitian Noni dalam mengatasi keluhan saya ini?

1Asthma bronkiale adalah penyakit gangguan saluran napas yang ditandai dengan kontriksi bronkiolus yang disebabkan oleh inflamasi kronik yang bersifat reversibel akibat hipersesitivitas bronkiolus. Penyakit Asma merupakan penyakit yang dijumpai di seluruh dunia, mengenai pria dan wanita, anak-anak dan dewasa dari seluruh lapisan sosial ekonomi dengan prevalensi 1-10%. Menurut survey kesehatan rumah tangga (SKRT) 1986, Asma menempati urutan ke-5 dari 10 penyebab kesakitan.

2

Asma telah menjadi masalah dunia, dengan perkiraan mengenai 300 juta orang. Prevalensi asthma berkisar 1%-18% dari seluruh populasi di berbagai negara. Terdapat kecenderungan peningkatan prevalensi asma di seluruh dunia. Setiap tahun diperkirakan 250.000 kasus kematian karena asma di seluruh dunia. Peningkatan angka kejadian asma dapat terjadi pada semua individu, pada semua umur, terutama pada anak-anak dinegara barat, sekitar setengah kasus terjadi pada anak-anak yang berumur kurang dari 10 tahun dan selebihnya terjadi pada umur dibawah 40 tahun.

3

Insidensi asma diperkirakan antara 2,65 sampai 4 per 1000 pertahun. Menurut International Survey of Asthma and Allergy in children, prevalensi asma sangat beragam diseluruh dunia, 4% sampai 48% pada umur 13-14 tahun dan 4,1% sampai 28,8% pada orang dewasa. Angka yang tinggi terdapat pada anak-anak di negara New Zealand, Australia, Inggris, Irlandia sementara pada negara Eropa Timur, Asia dan Afrika angka prevalensi cukup rendah. Di Asia tenggara prevalensi cukup besar, angka yang terendah terdapat di Indonesia dan Vietnam dan yang tertinggi di Thailand, Filipina dan Singapura. Di Indonesia angka prevalensi asma diperkirakan sekitar 10 % dari penduduk Indonesia.

Apa Faktor Yang Dapat Mencetuskan Asma?

4

  1. Faktor genetic Kedua orang tua menderita Asma, maka kemungkinan 50% anaknya akan menderita Asma. Salah satu orang tua men¬derita Asma maka 35% anaknya akan menderita Asma. Jika tidak ada satu pun yang menderita Asma maka 15% anaknya akan menderita Asma.

  2. Alergen inhaler yaitu tepung sari (serbuk sari), rerumputan, pohon, semak-semak. Paling sering adalah debu yang berasal dari karpet dan jok kursi (berbulu tebal & lama ti¬dak dibersihkan), tumpukan koran, buku dan pakaian lama.

  3. Alergen makanan seperti ikan, udang, kerang, kacang- kacangan, telur, susu, tomat, strawberi, mang-ga dan durian.

Apa Ada Faktor-Faktor Lain Yang Terkait Dengan Asthma Bronchiale?

Penyebab intrinsik, Penyebab intrinsik biasanya adalah penyebab yang disebabkan oleh faktor dalam diri seseorang. Hal itu bisa terjadi karena penyakit seperti flu, adanya aktivitas fisik yang berat, atau karena fak¬tor emosi. Penyakit asma yang disebabkan oleh faktor instrinsik biasanya membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Biasanya terjadi pada orang yang berumur lebih dari 40 tahun. Jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penyakit bronchitis kronik.

5

Penyebab ekstrinsik, Penyebab yang kedua adalah karena adanya faktor ekstrinsik atau faktor luar. Biasanya disebabkan karena debu, serbuk sari, bulu atau hal lain yang memicu timbulnya asma. Jenis penyakit asma karena faktor ekstrinsik ini biasanya akan sem¬buh sendiri seiring bertambahnya usia.

Apa Saja Gejala Tanda Ciri Yang Harus Diwaspadai?

6

  • Mengalami sesak nafas yang disertai dengan bunyi atau mengi.

  • Sesak di dada akibat nafas yang sesak.

  • Batuk-batuk kering yang kemudian berlanjut dengan batuk berdahak yang biasanya terjadi di malam hari.

Apa Saja Peranan Tahitian Noni Dalam Mengatasi Asthma Bronchiale?

  1. Regulasi Gen, Pada proses inflamasi dan proses alergi – transkipsi gen NFkB (Nukleus Faktor kafa B). NFkB yaitu transkripsi gen mediator – proinflamasi & protrombus4 ekspresi: Eukosanoid, Sitokin, Siklus sel, Molekul efektor.

  2. Menghambat atau regulasi NFkB Iridoid. Karena semua transkripsi adalah protein seluler, maka yang mengatur adalah Iridoid.

  3. Anti Inflamasi (Anti peradangan) Iridoid mengandung bioaktif asam deasetil asperulosida sebagai anti inflamasi. Prinsip kerjanya yaitu menghambat kerja enzim Cox-2, 5-Lox dan 15-Lox. Adapun zat bioaktif lainnya seperti neolignan, quersetin, skopoletin, koumarin dan aromatik vanillin juga berfungsi sebagai anti peradangan dan dapat meregenerasi sel- sel yang rusak.

  4. Anti infeksi. Adapun zat bioaktifnya yaitu etanol, metanol dan etil ase¬tat yang dapat berfungsi sebagai antimikroba serta quersetin ber¬fungsi sebagai anti candida (anti jamur). Xeronine yang berfungsi sebagai anti proses degeneratif yaitu berinteraksi dan mengatur aneka protein seluler, memaksi¬malkan produksi enzim sehingga penyerapan nutri seluler lebih baik. Dan dapat merangsang produksi hormon NO (Nitric Oxide) dapat mengatur sirkulasi darah ke tingkat normal sehingga bronchus menjadi normal kembali. Regulasi iNOS (NO sintase terinduksi) 4 aktivasi enzim NO sintase 4 produksi NO 4 va¬sodilatasi bronkus 4 sesak reda.

  5. TNBB kaya serat dan kaya vitamin dan mineral serta 18 asam amino esensial yang dapat meningkatkan sistim imunitas tubuh dan memper-cepat proses penyembuhan. TNBB sebagai antimikroba yaitu Etanol, Metanol dan Etil asetat.

  6. TNBB sebagai Antioksidan men-gandung vitamin C dan mineral Mn, Zn, Fe dan Cu untuk mengin¬duksi antioksidan sel.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Asthma Bronchiale?

8

  1. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

  2. Carilah posisi yang dapat merilekskan saluran nafas Anda.

  3. Banyak beristirahat dan terutama menjauhi faktor yang dapat memicu asma terse-but kambuh, misalnya merokok.

  4. Menghindari stress dan mengendalikan emosi.

  5. Mengkonsumsi makan makanan yang bergizi serta olahraga secara teratur.

  6. Pendekatan spiritual -÷ mengatasi stress dan emosi yang tidak terkontrol.

  7. Menghindari faktor alergen.

  8. Olah raga untuk penderita asma yaitu renang dan aerobik.

  9. Stop merokok.

Untuk Harga dan Cara Pesan Tahitian Noni

KlikTombol Pesan Penyembuhan Asma